GURU

Apa sih arti seorang guru? Pahlawan tanpa tanda jasa?, pelita ilmu? Atau apa? Dari dulu guru adalah seseorang yang dimuliakan dan diagung-agung kan bahkan hal itu juga berlaku hingga kini. Semua presepsi itu bukan didasarkan oleh omong kosong belaka dan bukan berdasarkan presepsi sebagaian pihak yang berkepentingan saja. Mulai dari masyarakat awam hingga cendikiawan pun setuju akan hal itu. Guru adalah pilar utama pembentuk dan pencipta generasi muda yang kompetitif dan berdaya saing. Generasi yang merupakan kunci utama kemajuan bangsa. Bagaimana kedepannya bangsa ini apabila generasi muda nya tidak memiliki kualifikasi tinggi? Ditengah gempuran globalisasi diperlukan guru yang profesional guna melahirkan generasi harapan bangsa.

Bahkan negeri sakura yang sempat menjajah negeri ini 3 1/2 tahun, yang kepedihan bekas jajahan itu masih terasa sampai detik ini, sangat menghargai seorang guru. Di tengah kekalahan mereka pada perang dunia II. Pemimpin jepang hanya bertanya satu hal "berapa banyak guru yang tersisa di negeri kita ini?". Itulah kunci utama bagaimana jepang mampu melaju dan berkembang dengan pesat nya hingga berhasil menguasai asia.

Namun,sungguh disayangkan di negeri ku ini guru selalu dipandang sebelah mata. Kasus-kasus anak dan orang tua yang melapor pada polisi menuntut guru yang berusaha mendidik generasi muda,menambah  catatan bagaimana mirisnya nasib guru di negeri ku ini.

Bahkan saat aku menuangkan gagasan ini ke blog ku, aku menyaksikan sendiri seorang guru menahan bulir-bulir air di pelupuk mata untuk niat tulus nya mendidik generasi muda yang tidak pernah menghargainya. Yah dia seorang guru di negeri ku.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku "Apa Kabar Rindu?" @Sen

Resensi novel "Bidadari Untuk Dewa" @Asma Nadia

12 Pesan Untuk Mu di Tanggal 30